Cara Meningkatkan Kekuatan Otak

|

Beberapa hari yang lalu ada sebuah email dari seorang teman, teman saya juga mungkin memperolehnya dari sumber lain yang tidak disebutkan. Karena menarik, maka saya posting di sini, yah sekedar Copas (copy paste) aja, barangkali bermanfaat bagi yang lain. Silahkan disimak.
--------------------------------------------------------------------------------
Apakah anda pernah melihat seseorang yang tanpa usaha yang sulit dapat mempelajari konsep dan material baru sementara yang lain harus berjuang? Napoleon Bonaparte dapat menyebutkan nama ribuan prajurit yang setia padanya. Juara catur tingkat dunia dapat memanggil ulang suatu pertandingan yang telah berlangsung bertahun-tahun lalu. Kadang saya bertanya bagaimana cara para intelektual ini melakukannya.
Sebagian dari mereka lahir dengan IQ yang luar biasa, sementara yang laintidak. Namun untungnya, ada sejumlah teknik yang dapat membantu anda belajarlebih cepat, belajar lebih baik, dan mulai menyerap informasi seperti sebuah spons.

Berikut ini ada 7 tips sebagai tempat untuk memulai.
1. Ajarlah orang lain.
Jika ada sesuatu yang ingin anda pelajari, cobalah untuk mengajarkannya jugakepada orang lain.
Proses pembelajaran tradisional membantu anda untuk menghafal sebuah ide,namun mengajarkan sesuatu kepada orang lain membuat anda benar-benarmemahami konsep dan bagaimana cara mengaplikasikannya. Untuk mengajariseseorang, anda harus mengantisipasi kemungkinan adanya pertanyaan danmelihat topik dari sudut pandang yang berbeda. Mengajarkan orang lain akansecara dramatis meningkatkan pemahaman anda.

2. Tulislah sebuah artikel.
Sangat mudah untuk mempelajari sesuatu dari buku. Namun, sebuah cerita yanglain lagi jika anda harus menulis sebuah artikel yang berkenaan dengan suatutopik. Jika anda mau menjadi ahli dalam suatu topik pilihan anda, tulislahbuku mengenai hal tersebut. Ini akan memungkinkan anda untuk menelusuriaspek-aspek lain yang sedang anda pelajari. Dengan menuliskannya, anda akanmenghubungkannya dengan ide-ide yang sudah anda ketahui dan menciptakansebuah jaringan pengetahuan.

3. Mulailah sebuah Blog.
Memulai sebuah blog yang menceritakan pengalaman anda akan meningkatkanproses pembelajaran anda. Menulis sebuah blog membuat anda berpikir mundurkebelakang dan maju kedepan yang kemudian harus anda tulis agar dapatdimengerti orang lain. Jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak andake-level yang berikutnya, saya sangat menyarankan anda untuk memulai bloganda sendiri.
Menulis blog akan menjadi hal yang menarik secara intelektual sekaligusdapat menjadi aktivitas yang dapat menstimulasi.

4. Jagalah tubuh anda dengan baik.
Sementara anda mencoba untuk meningkatkan kecepatan belajar anda, anda harusmemastikan anda memberi makan otak anda. Otak adalah bagian dari tubuh yangmemerlukan banyak bahan bakar dan oksigen jika anda mengharapkannya dapatberfungsi secara efisien. Dalam proses pembelajaran, anda harus memberimakan dan merawat tubuh anda untuk memaksimalkan proses. Maksud dari haltersebut, berarti anda harus:
* Makan setiap beberapa jam untuk mempertahankan gula darah anda padalevel yang tinggi.* Olahraga setiap hari.* Melakukan relaksasi beberapa menit setiap hari.* Tidur setidaknya tujuh jam setiap hari.* Minum banyak air.* Makan siang sedikit. Makan siang yang berlebih cenderung membuatorang menjadi ngantuk, gantilah dengan makan siang yang sedikit dan obrolanyang menarik.

5. Belajar dengan kelima indera.
Sementara orang lain belajar dengan cara yang berbeda, kami memulai prosespembelajaran dengan melihat gambar dan menerjemahkannya menjadi ide. Daribuku bergambar, kami mencoba belajar dengan menggunakan indera penglihatan.
Saat anda perlu mengerti suatu hal dengan cepat, indera penglihatan akanmembantu anda membuat gambaran tentang suatu topik pada pikiran anda.
Gambarkan juga pada selembar kertas. Anda bisa gambarkan apapun, sebuahtabel, grafik, atau hanya aliran waktu.
Terus tambahkan gambar pada pikiran anda sementara anda belajar dan ciptakanterus gambar di pikiran anda selagi anda berpikir.
Lebih baik lagi jika anda tidak membatasi diri anda dengan gambar visual.Belajarlah dengan kelima indera.
Sebagai contoh, jika anda ingin mempelajari Buenos Aires, hal terbaik yangdilakukan adalah untuk bepergian kesana, mengeksplorasi kota, mengambilkursus tari tango, menikmati makanan khas, dan berbicara dengan penduduksetempat. Anda belum belajar apapun sebelum anda melatihnya dengan hidupanda. Terlibatlah dengan proses pembelajaran melalui sentuhan, penglihatan,pendengaran, dan penciuman.

6. Tingkatkan motivasi anda.
Motivasi adalah alat untuk meningkatkan daya ingat. Coba pikirkan para siswasekolah yang begadang semalam sebelum ujian. Mereka memiliki motivasi yangtinggi karena sebelumnya sedikit belajar dan sekarang mereka harus menyedotsemua informasi dalam semalam. Mereka dapat menguasai materi karena merekamau. Sebenarnya karena mereka harus. Motivasi ini membuat prosespembelajaran bekerja pada tngat yang tinggi. Namun sayangnya, menjejalkaninformasi buruk untuk memanggil ingatan tersebut dalam jangka panjang.
Jika anda bukan lagi siswa yang suka menunda namun tetap ingin memotivasidiri anda, cobalah dengan imbalan. Jika anda menciptakan suatu sistemimbalan yang terus anda kejar, anda akan belajar lebih cepat sebagaiantisipasi mendapatkan imbalan tersebut.
Sebagai contoh, jika anda belajar atau bekerja untuk mengerti sebuah subyekyang berlembar-lembar, anda mungkin akan memberi imbalan diri anda untukpergi ke toko, bermain video game, atau mungkin menonton acara TV anda.Ciptakan jenis motivasi yang cocok bagi anda.

7. Belajarlah selagi anda tidur.
Bukankah sangat indah menghabiskan waktu tidur sambil mempelajari bahanpelajaran dengan hanya menakan tombol play pada CD player? Tentu saja. Namunsayangnya sebuah penelitian di suatu universitas mengatakan hal itu tidakdapat dilakukan jika anda tertidur nyenyak.
Namun, sebuah bukti menunjukan bahwa anda dapat belajar pada masa tidurringan, sebuah kondisi sebelum anda tertidur nyenyak.
Namun perlu diingat bahwa materi yang anda dengarkan tidak lebih dari fakta,tanggal, kosa kata, dan materi yang ringan lainnya. Anda tidak dapatmempelajari materi yang berat pada tahap tidur ringan.

Baru-baru ini, peneliti di jerman menemukan bahwa penggunaan stimulasielektrik pada tahap tertentu dalam tidur dapat meningkatkan kemampuanseseorang untuk mengingat fakta.
Menarik untuk disimak, teknologi pembelajaran apa lagi yang akan ada di masa mendatang.

0 komentar: