Combine Delphi and Crystal Report

Karena sudah terbiasa menggunakan crystal report saat di VB, ketika beralih ke delphi kebiasaan inipun terbawa. Padahal diforum-forum banyak yg nyaranin pake fastreport ato rave report. Ada juga yg ekstrim ngomong "ngapain pake crystal report di delphi!". Ya karna bisanya baru itu mas...

Bermodalkan nekat, coba-coba cari VCL crystal report buat delphi, ketemu di http://www.businessobjects.com tapi adanya yg buat CR v.10, langkah berikutnya nyari CR v.10 cracked (maap lom mampu beli ori), dapat diforum lokal.

Langkah berikutnya, uji coba membuat dan menampilkan crystal report dengan syntax :

crpe1.ReportName := GetCurrentDir + '\daftar_pelanggan.rpt';
crpe1.Output :=toWindow;
crpe1.Execute;


Berhasil!

Nah, disinilah masalahnya. Saat uji coba deploy ke komputer lain, report gak mau kebuka. Jangankan reportnya, aplikasinya aja diem aja ketika diklik. Waduh kenapa nits?
Dengan bantuan temenku si google, ada yg menyarankan supaya menyertakan Crystal Report X Merge Module saat instalasi. Nyari lagi deh CR X MM nya. Ketemu juga akhirnya di http://www.randem.com/crsupport.html

Saat si Module tadi udah terinstall di komputer client, tetep aja aplikasi gak mau jalan. Wah nyampe sini uji coba sementara dihentikan karna ada kerjaan lain.
Mungkin ada yang tau solusinya?

Please feel free to write your comment...

0 komentar: